Sabtu, 10 Mei 2008

sibling rivalry

Sibling Rivalry.............apaan tuh?

Pernah punya anak, adik, tetangga, anak temen, cucu.........., yang tadinya manis-manis saja, tiba-tiba setelah punya adik baru........menjadi rewel, minta makan nangis dan minta disuapin, padahal biasanya sudah bisa makan sendiri. Mau minum teriak-teriak padahal tadinya sudah bisa mengambil sendiri. Mandi jadi hal yang menyulitkan, karena harus dikejar-kejar, minta dimandikan seperti adek bayinya?

Kalau jawabannya ya, ini yang dinamakan kecemburuan pada saudara sendiri atau istilah kerennya 'Sibling Rivalry'. Kada dari rasa persaingan, iri, cemburu pada saudara ini memiliki tingkatan yang sangat bervariasi, dari yang sekedar ucapan, minta perlakuak yang sama dan merepotkan sampai pada pembunuhan. Mungkin kedengarannya sadis, tetapi beberapa kasus pembunhan terjadi karena kondisi ini, dimana sudah mencapai pada level gangguan jiwa. Perasaan diabaikan, dibuang, dikhianati karena keberadaan saudaranya, merupakan hal yang menekan sesorang.

Mengapa terjadi? Tidak ada hal yang persis sama mengenai latar belakangnya, karena setiap orang akan memiliki pengalaman dan situasi serta pola asuh yang berbeda, yang membentuknya menjadi seperti saat ini. To be contunued……………

Tidak ada komentar: